Tips mengurangi rasa sakit saat menstruasi

Setelah menginjak masa remaja, seorang gadis pasti mengalami menstruasi. Keluarnya cairan seperti darah pada daerah khusus (vagina) akibat pembusukan indung telur yang tidak dibuahi oleh sel sperma pria. Proses ini berlangsung secara periodik, yakni kira-kira sekali sebulan. Rentang waktu antar mentruasi itu disebut siklus mentruasi. Siklus ini berbeda-beda antara wanita satu dengan wanita lainnya, yakni antara 21-36 hari.

Menstruasi pertama atau
menarche biasanya terjadi antara umur 10 dan 16 tahun, bergantug pada faktor-faktor yang mempengaruhi kedewasaan dan perkembangan hormon dari gadis itu sendiri. Mentruasi akan terus berlangsung sampai usia kira-kira 45 hingga 50 tahun. Masa dimana seorang wanita udah nggak mentruasi lagi disebut masa menopause.

Sebagian kaum hawa mengalami menstruasi setiap bulan, lamanya antara 3 sampai 7 hari. Namun ada juga sebagian yang mengalami menstruasi 2-3 bulan sekali. Itu tergantung dari kesehatan tubuh dan hormon masing-masing wanita.

Rata-rata jarak antara hari pertama menstruasi, hingga hari pertama mentruasi bulan berikutnya adalah 28 hari. Namun sebagian wanita berbeda siklusnya, bisa lebih cepat atau lambat. Biasanya, sebelum mengalami menstruasi, seorang gadis akan mengalami gejala-gejala berikut :
• Suhu badan meningkat (seperti meriang)
• Payudara membengkak
• Pinggang sakit
• Pusing-pusing

 
Bagi kamu (cewek, red) yang mengalami menstruasi secara rutin atau sudah mendeteksi gejala-gejala akan datang bulan. Sebaiknya kamu selalu menyediakan dan membawa pembalut.dalam tas kamu. Pembalut wanita adalah semacam alat yang dipergunakan selama kamu-kamu mengalami masa mestruasi, fungsinya adalah untuk menyerap cairan mentruasi Agar pakaian dalammu tidak bernoda.
Biasanya, seorang gadis yang menstruasi mengalami nyeri atau kram dibagian bawah perut, nyeri punggung dan betis, dan nyeri di sepanjang paha dan betis. Jika rasa sakit yang dirasa sangat berlebihan, dianjurkan untuk segera menghubungi dokter. Soalnya siapa tahu saja terdapat gangguan pada system reproduksi.

Untuk mengurangi sakit pada saat menstruasi, berikut tips yang dapat dilakukan :
• Gosok perut dengan minyak kayu putih, dengan tekanan yang agak keras.
• Berendam di air hangat
• Mengompres perut dengan air hangat (masukan air hangat dalam botol).
• Minum kaplet sakit haid
• Melakukan Olah Raga ringan (senam).

Dengan beberapa tips diatas, hari-hari selama menstruasi tentunya dapat terlewati de

0 comments:

Post a Comment